Profile

So lemme introduce a bit about myself here, I'm Intan Rizky Yuliani, just Intan for short
I love my girlies, we laugh, we cries, we doing fun stuff
And yes, i have a boyf, but i'm in love in "someone" in my college HAAHHA ssshhh :P


Affiliates
Kikih Maya Nining Okty Vira Sally
Misc


Peranan Media terhadap Pemberitaan
Selasa, 06 April 2010 / 19.01
Latar Belakang

Bagaimana keadaan selebriti dalam kehidupan sekarang ini? Saat ini yang disebut selebriti tidak hanya untuk kalangan – kalangan orang yang sudah memiliki nama besar, namun masyarakat biasa pun sudah dapat disebut selebriti, tentu saja dengan mempublikasikan masalah pribadinya yang jauh lebih menarik perhatian masyarakat dibandingkan dengan keprofesionalisme nya. Sebagai contoh, Prita Mulyasari yang dikenal masyarakat akan masalahnya dengan RS Omni International, tetapi bukan dengan keprofessionalisme nya sebagai karyawan Bank Swasta. Zaman sekarang biasanya selebriti akan muncul dari dalam bidang olahraga dan industri entertainment, mereka akan terlihat sangat transparan kepada media dan kehidupan pribadi mereka akan menarik minat masyarakat lebih banyak dibandingkan dengan kehidupan professional mereka. Selebriti sendiri merupakan suatu produk dari entertainment dimana entertainment berarti sebuah hiburan yang juga merupakan sebuah aktifitas sosial. Dan pengertian selebriti sendiri adalah seseorang yang dikenal untuk keterkenalannya (Daniel Boorstin, 1961:58).
Fenomena – fenomena selebriti Indonesia yang terjadi dalam dunia enterainment sangatlah banyak, seperti perceraian para selebriti, fenomena para selebriti yang beramai-ramai berlomba menjadi caleg dan ikut serta dalam wilayah politik, pencekalan selebriti, dan masih banyak lagi.
Namun penyandangan gelar selebriti yang mereka dapatkan cepat atau lambat akan tergantikan oleh selebriti - selebriti lainnya dengan masalah – masalah yang lebih menarik perhatian masyarakat. Sebagai contoh, pembertitaan seputar Manohara yang mulai kurang mendapat perhatian masyarakat, yang tergantikan oleh pemberitaan tentang Prita Mulyasari.


BAB I
HOT ISSUE
Manohara O. Pinot ( Model dan Istri Putra Mahkota Kerajaan Kelantan, Malaysia)
Peristiwa ini mulai di kenal khalayak umum sejak seorang Ibu yang bernama Daisy Fajarina mempublikasikan peristiwa yang terjadi pada anaknya Manohara yang tidak lain adalah seorang model di Indonesia yang diduga diculik oleh seorang Pangeran Kelantan Malaysia Tengku Muhammad Fakhry.
Sejak menikah dibawah tangan dengan Fakhry, hidup model majalah berusia belia itu bak burung dalam sangkar. Dia kerap mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan. Manohara pernah menolak ajakan bercinta Fakhry karena sedang haid. Namun, Fakhry memaksa. Manohara tidak mau melayani sang suami bukan karena menolak, namun khawatir terkena penyakit gara – gara berhubungan intim saat sedang haid.
Sayang sekali, bukannya pengertian dari Tengku Fakhry yang didapat Manohara malah menerima makian dari suaminya. Sosialita kelahiran 28 Februari 1992 itu dianggap seperti mobil mewah. Tetapi karena tidak bisa dikendarai, bisa diganti dengan mobil lain.
Namun, banyak orang suruhan pangeran yang datang untuk membujuk Manohara kembali ke Kerajaan. Kepulangan Manohara ke Indonesia itu berujung pada penculikan yang dilakukan Fakhry.
Menurut cerita ibunya, saat itu sang pangeran datang kembali dengan alasan masih sangat sayang dan cinta dengan Manohara, lalu ingin mengajak manohara dan ibunya pergi umroh.
Namun setelah tiba di Bandar Udara di Saudi sang Ibu ditinggal di Bandara, lalu Manohara dibawa paksa oleh sang Pangeran menuju Pesawat Jet Pribadi nya untuk dibawa kembali ke Malaysia. Dan setelah umroh ini awal pendugaan penculikan terhadap model cantik Manohara.

BAB II
Apa yang menarik?
Hal yang menarik dari kisah Manohara ini adalah perkembangan alur ceritanya yang tragis dan ironis juga membuat para masyarakat penasaran akan hasil akhir dan juga kebenarannya. Perkembangan alur cerita kisah Manohara tersebut menarik minat masyarakat yang bisa dilihat dengan adanya bukti seperti banyaknya masyarakat yang mengikuti kisah tersebut hampir setiap harinya bahkan terkadang setiap jamnya. Perkembangan alur cerita Manohara yang dikemas secara baik oleh media membuat masyarakat tertarik dan senang mengikutinya. Alur cerita yang dimulai dengan dugaan penculikan, lalu adanya pencekalan ibunda Manohara, Daisy Fajarina, disusul dengan usaha Ibunda Manohara, penyiksaan yang dialami Manohara serta sampai pada ujungnya adalah kebebasan dari Manohara itu sendiri yang diwarnai dengan tangis haru dan semangat para pembelanya dan yang membuat ia berada dipuncak kepopulerannya sebagai seorang selebriti.


BAB III
Kenapa menarik?
Perkembangan alur cerita Manohara dikatakan menarik karena alur cerita dari kisah sang puteri Manohara seperti selayaknya sebuah sinetron yang selalu kita tunggu bagaimana kelanjutan kisah selanjutnya. Media mengemas kisah ini dengan sangat menarik dan enak untuk dilihat serta dibaca. Setiap berita yang kita terima bisa menjadi sebuah episode yang kita tonton dalam sebuah sinetron. Dari setiap episode tersebut kisahnya selalu berlanjut. Dari mulai episode pembuka dimana ibunda dari Manohara, Daisy Fajarina, melapor kepada aparat kepolisian di Indonesia tentang kasus penculikan oleh pihak Kerajaan Kelantan, Malaysia. Yang berlanjut pada berita bahwa ternyata Manohara disiksa dan tertindas disana yang ironisnya penderitaan tersebut dialaminya dari suaminya sendiri Sang Putra Mahkota Kerajaan Kelantan, Malaysia. Setelah itu berlanjut pada perjuangan Ibunda Manohara membela hak putrinya yang tertindas di Negeri seberang. Dan sampai pada akhirnya dimana perjuangannya mencapai akhir dengan pembebasan Manohara, putri tercintanya.
Selain itu, alur cerita kisah Manohara dikatakan menarik karena yang terlibat didalam kisah tersebut adalah seorang putri yang ternyata kehidupannya tidak selalu seindah yang orang-orang bayangkan sebagaimana kehidupan seorang putri pada kisah-kisah yang ada. Menarik karena putri tersebut disiksa oleh pangerannya sendiri dan keluarga dari pangeran tersebut yang seharusnya menyayangi dia sebagaimana mestinya.


BAB IV
Unsur-unsur yang membuatnya menarik
Banyak unsur-unsur yang membuat kisah Manohara Odelia Pinot ini menarik. Unsur yang pertama adalah Perjuangan Ibunda Manohara, Ibu Daisy Fajarina. Perjuangan yang ia lakukan dari mulai awal ia merasa sedih dan kehilangan serta sedih dengan keadaan putri tercintanya sampai akhirnya ia mendapatkan kembali buah hatinya tersebut sungguh luar biasa. Banyak orang yang dibuatnya terharu oleh kisah yang ia ceritakan serta tangis air mata penyesalannya yang selalu melengkapi setiap kisahnya. Tetapi selain membuat orang terharu ternyata ada pula cacian dan makian yang ia terima dengan kata-kata bahwa ia telah menjual anaknya demi mendapatkan harta semata, tetapi semua itu ia terima dengan lapang dada dan ia tetap melanjutkan perjuangannya dengan segala macam upaya dan cara yang ia tempuh demi bertemu dengan sang putri tercintanya tanpa kenal lelah.
Selain perjuangan Daisy Fajarina, Ibunda Manohara, ada satu unsur yang sangat menarik dalam kisah Manohara Odelia Pinot yaitu ketika ia menunjukkan sebuah isyarat yang dilakukannya ketika ia sedang menonton acara pertandingan bola bersama suaminya. Isyarat ini berupa tepukan tangan yang ia lakukan pada dadanya yang menunjukkan bahwa ia sedang dalam keadaan terjepit dan membutuhkan pertolongan. Isyarat itu pula yang terbaca oleh kakak Manohara, Dewi, yang memang sejak kecil sudah sering menggunakan isyarat itu bersama Manohara disaat salah satu dari mereka sedang dalam keadaan sulit. Hal inilah yang menjadi titik terang penjelas bahwa ternyata Manohara memang sedang menderita dan membutuhkan pertolongan.
Disamping perjuangan Daisy dan isyarat yang diberikan Manohara, detik-detik pembebasan Manohara adalah unsur menarik dalam kisah hidupnya. Hal-hal ini seperti sudah ditunggu oleh banyak pengikut cerita Manohara, karena saat seperti inilah saat dimana semua perjuangan Daisy terjawab. Detik-detik pembebasan itu terjadi ketika Raja Klantan yang sedang menderita suatu penyakit dilarikan ke Singapura untuk menjalani pengobatan bersama para rombongan. Terdapat pula Manohara dalam rombongan yang ikut datang ke Singapura tersebut.Peristiwa ini diketahui oleh sang Ibu yang akhirnya menyusul ke Sinagpura bersama Dewi,kakak dari Manohara. Sesampainya disana,pihak kerajaan mengetahui keberadaan Ibu Daisy dan berniat untuk mengurung Manohara. Namun,sebelum hal itu terlaksana,ketika Manohara dan para penjaga sedang berada di dalam lift,Manohara lansung menekan tombol emergency dan akhirnya liftpun terhenti. Setelah beberapa saat, pihak keamanan pun datang. Manoharapun akhirnya dipertemukan dengan sang ibu. Proses pembebasan Manohara ini tak lepas dari campur tangan kedutaan besar Amerika dan Indonesia serta pihak kepolisian Singapura.
Dan unsur-unsur terakhir yang menarik dari alur cerita Manohara adalah puncak kepopulerannya. Setelah kasusnya terungkap di media,Manohara berubah menjadi sosok yang selalu disorot publik. Apalagi ketika sosoknya yang biasanya hanya kita lihat dari bideo atau foto saja muncul langsung dihadapan para awak media Indonesia dengan kedatangannya kembali ke Republik Indonesia. Dari bukan siapa-siapa,sampai pada akhirnya ia menjadi seperti sekarang ini. Manohara tampil hampir disetiap program acara televisi, baik itu program infotainment, berita, reality show, talk show, bahkan program sketsa komedi. Seakan tidak ada waktu bagi dirinya untuk beristirahat sejenak dari penderitaannya yang sudah berakhir. Bahkan pada puncak kepopulerannya satu rumah produksi berani mengontraknya secara eksklusif dengan bayaran mencapai 2,5M. Padahal aktingnya didunia seni peran belum dapat dibuktikan dan belum mendapat pengakuan. Namun,inilah kekuatan media yang dapat membuat segalanya secara instan.

BAB V
Analisis awal
Sebelumnya, nama Manohara Odelia Pinot tidak banyak diketahui orang. Awalnya ia adalah seorang model. Namun semenjak ia membuka kehidupan pribadinya ke media, namanya langsung melejit bak roket.
Sekarang, siapa yang tidak mengenalnya? Hampir semua masyarakat membahas tentang dirinya, mungkin juga berlomba-lomba untuk mengikuti perkembangan beritanya. Hingga menaruh rasa simpati dan empati.
Namun, ada pula yang memandang negative tentang dirinya. Kisah kehidupan pribadinya bagai telenovela yang sayang bila dilewatkan. Hingga mampu menimbulkan persepsi dan opini di kalangan masyarakat dan menjadi suguhan untuk masyarakat itu sendiri.
Media cetak, elektronik hingga dunia maya pun tidak mau kalah. Mereka tidak mau ketinggalan untuk memuat beritanya, bahkan menjadikannya topic utama. Mereka selalu berlomba-lomba untuk menampilkan berita terkini tentang Manohara Odelia Pinot.
Lalu apa kaitannya dengan celebrity?
Yang disebut celebrity adalah orang-orang yang membuka kehidupan pribadinya ke media dan membiarkannya menjadi konsumsi public. Manohara Odelia Pinot sudah membiarkan kisah hidupnya diketahui banyak orang. Ia pun tidak segan-segan meladeni wawancara dengan wartawan, memenuhi undangan interview dengan beberapa reality show hingga acara berita. Ia tidak ragu untuk menceritakan tentang masalah pribadinya.
Apa pula kaitannya dengan entertainment?
Tanpa kita sadari, kehidupan pribadi Manohara telah menjadi hiburan untuk sebagian masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang selalu mengikuti perkembangan beritanya. Karena kisah hidupnya yang tragis, bahkan terkesan melankolis, membuat banyak masyarakat untuk lebih ingin tahu tentang dirinya. Kehidupan pribadinya mampu menarik perhatian sebagian masyarakat.
Seperti contohnya saja dikehidupan kampus STIKOM LSPR, tidak jarang mahasiswa membicarakan perkembangan alur cerita kisah Manohara Odelia Pinot, hal ini menandakan bahwa kisah Manohara sudah menjadi sebuah entertainment karena kisah ini sudah menjadi sebuah unsur dalam kehidupan sosial.
Selain itu banyak juga dampak dari kisah Manohara ini adalah adanya Polling Masyarakat yang membicarakan tentang pemberitaan Manohara. Secara tidak langsung masyarakat yang mengisi polling ini mengetahui kisah tersebut dan secara tidak mereka sadari mereka peduli dengan kisah tersebut dengan mengisi polling yang disediakan oleh salah satu website entertainment yang besar di Indonesia.
Dengan begitu Manohara Odelia Pinot yang saat ini sudah menjadi selebriti memiliki peranan yang cukup dahsyat dalam dunia entertainment mengenai kisahnya yang banyak diketahui masyarakat dan menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat juga menjadi berita yang menguntungkan bagi media.


BAB VI
Kaitannya dengan teori
Teori Fenomenologi
“people actively interpret their experience and come to understand the world by personal experience with it… the process of knowing through direct experience is the province of phenomenology (little john and foss, 2005)”
Fenomenologi memandang komunikasi sebagai pengalaman melalui diri sendiri atau diri orang lain melalui dialog. Manusia secara aktif menginterpretasikan pengalaman mereka sehingga mereka dapat memahami lingkungannya melalui pengalaman personal dan langsung dengan lingkungan. Fenomenologi memberikan penekanan sangat kuat pada persepsi dan interpretasi dari pengalaman subjektif manusia.
Hakekatnya prinsip fenomenologi berkaitan dengan pemahaman tentang bagaimana keseharian, dunia intersubyektif (dunia kehidupan) atau juga disebut Lebenswelt terbentuk. Fenomenologi bertujuan mengetahui bagaimana kita menginterpretasikan tindakan sosial kita dan orang lain sebagai sebuah yang bermakna (dimaknai) dan untuk merekontruksi kembali turunan makna (makna yang digunakan saat berikutnya) dari tindakan yang bermakna pada komunikasi intersubjektif individu dalam dunia kehidupan sosial.
Pada intinya fenomenologi menjelaskan fenomena perilaku manusia yang dialami dalam kesadaran, dalam kognitif dan dalam tindakan – tindakan perseptual. Fenomenolog mencari pemahaman seseorang dalam membangun makna dan konsep kunci yang intersubyektif.
Sama halnya dengan Manohara Odelia Pinot, ia dengan aktif membeberkan semua kisah hidupnya dari yang terkecil sampai yang terbesar kepada masyarakat luas. Ia biarkan kehidupan pribadinya dikonsumsi masyarakat dan membiarkan masyarakat untuk membentuk sebuah opini tentang dirinya, baik itu negative atau pun positive.


Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari topic diatas adalah, bahwa seseorang yang dapat disebut celebrity adalah ia yang tidak ragu membuka kehidupan pribadinya. Yang tidak canggung jika kehidupan pribadinya dikonsumsi masyarakat luas.
Contohnya saja kehidupan pribadi Manohara Odelia Pinot. Hingga saat ini semua berita tentang dirinya masih menjadi sorotan media, masih mampu menarik perhatian sebagian masyarakat.
Dan semua itu berhubungan juga dengan entertainment. Secara tidak langsung berita Manohara menjadikan hiburan tersendiri untuk masyarakat. Karena banyak masyarakat yang tertarik dengan kisah hidup Manohara. Mereka selalu mengikuti berita terkini tentang Manohara.
Tidak hanya masyarakat awam, semua media pun berlomba-lomba memuat berita tentang Manohara, selalu berusaha menampilkan berita terbaru tentang dirinya.
Selain itu kehidupan pribadi Manohara juga telah menjadi suatu fenomena dalam kehidupan masyarakat Indonesia karena tanpa disadari alur cerita pada kisahnya menjadi hidangan masyarakat dan menjadikannya seorang selebriti dalam dunia hiburan.

Label:


(c) kikih 2009